Senin, 01 Februari 2016

Grand Canyon

Grand Canyon adalah salah satu ngarai terbesar didunia yang terletak di negara bagian Arizona, Amerika Serikat. Kedahsyatan alam membentuk keindahan jurang tebing terjal sepanjang 450 km dengan lebar 6-19 km dengan kedalaman lebih dari 1.600 meter. Grand Canyon merupakan Taman Nasional yang diresmikan oleh pada 26 Februari 1919 oleh Presiden Amerika Serikat ke-26, Theodore Roosevelt.


Jauh didasar ngarai mengalir Sungai Colorado yang tampak seperti garis hitam berliku-liku. Disisi lain sinar matahari menyinari dinding batu berwarna merah, oranye dan keemasan. Warna itu dihasilkan dari mineral dalam bebatuan dan terus bertambah seiring dengan pergantian cahaya, musim dan cuaca. Saat matahari terbenam, dinding ngarai itu berubah warna dari merah keemasan yang mencolok menjadi warna biru, ungu dan hijau.


Suku Indian Amerika menghuni tempat intu sudah sejak 3.000 tahun yang lalu. Ini terbukti dengan ditemukannya sisa-sisa keberadaan mereka seperti tulang, rambut, bulu dan sisa tanaman yang ditemukan didalam gua yang dalam, kering yang yerletak didinding batu ngarai itu. Suku Indian Hopi, Paiute, Navajo dan suku-suku asli Amerika lainnya berada didaerah itu selama tujuh abad. Kita banyak mengetahui tentang Grand Canyon dari catatan John Wesley Powell. Ia merupakan orang kulit putih Amerika pertama yang mengeksplorasi tempat tersebut pada tahun 1869.


Untuk menikmati pemandangan disana anda bisa mengikuti panduan wisata dengan naik helikopter dan pesawat kecil atau menikmati pemandangan ngarai dengan naik sampan disepanjang sungai Colorado.  Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Skywalk. Skywalk adalah lantai kaca yang dipasang menjorok sejauh 21 meter dari tepinya dan berbentuk tapal kuda dengan lantai kaca bening tembus pandang dengan ketinggian sekitar 1.200 meter dari atas dasar ngarai. Para pengunjung harus membayar untuk bisa berjalan diatasnya serta mengamati ngarai jauh dibawahnya. Suku Indian Hualapai membangun Skywalk itu dengan biaya lebih dari 40 juta dolar dan suku tersebut memiliki hampir 400 hektar tanah di ngarai itu.

1 komentar: