Kamis, 04 Februari 2016

Nordlingen, kota di kawah Meteor

Nordlingen adalah kota yang terletak di wilayah Bavaria, Jerman yang dibangundiatas kawah meteor yang menghantam bumi sekitar 15 juta tahun yang lalu, sehingga kotanya pun berbentuk lingkaran. Kota yang dipercaya dibangun pertama kali tahun 898 M ini adalah satu dari tiga kota di Jerman yang memiliki tembok disekelilingnya untuk bertahan dari dua buah perang besar yaitu perang 30 tahun dan perang Nordlingen (1634 M). Pemerintah setempat menjadikan kota Nordlingen menjadi tempat yang indah dan layak untuk dikunjungi.


Kota ini adalah rumah bagi beberapa museum seperti Bavarian Railway Museum, Museum Kota Nordlingen (Stadtmuseum), Museum Tembok Kota (Stadtmauermuseum) dan Museum Augenblick dengan panorama, lentera sihir, film bisu, organ barel, pianolas, kotak musik dan gramaphones. 
Banyak pula di temui rumah dari kayu khas Bavaria dengan kincir air yang masih dapat berfungsi. Nordlingen juga kerap dijadikan tempat penelitian para astronot dan NASA untuk meneliti struktur geologis. 

 
Cara yang tepat untuk mengunjungi kota ini adalah dengan berjalan kaki. Jika anda kesana saat Natal, tersedia Christmas Market yang menjadikan suasana kota makin meriah.
Kota berpenduduk lebih dari 20.000 jiwa ini berbentuk bulat menyerupai kawah. Diameter kawah meteor yang menjadi tempat tinggal mencapai 25 km Studi di tahun 1960-an menemukan kawah di Nordlingen bukan hasil aktivitas vulkanik melainkan bekas kawah hasil tumbukan meteor raksasa belasan juta tahun yang lalu.
 
Kota ini juga dikenal untuk Scharlachrennen, sebuah turnamen berkuda yang terkenal yang pertama kali disebutkan dalam tahun 1463. Bangunan-bangunan di kota Nordlingen, batu-batunya mengandung jutaan berlian kecil berdiameter kurang ari 0,2 mm. Dampak yang menyebabkan terciptanya kawah Nordlingen juga menciptakan 72000 ton permata kecil-kecil saat meteorid menabrak deposit grafit lokal. Batu dari daerah ini kemudian di gali digunakan untuk membangun gedung-gedung. (dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. Hah dengan jalan kaki mbak? Emang luasnya berapa km? Ga gempor ya?
    Makasih kunjungannya

    BalasHapus
  2. Menakjubkan Nordlingen kota indah di bekas kawah meteor

    BalasHapus