Rabu, 03 Februari 2016

Kandovan, desa batu di Iran

Jika anda pernah menonton film The Flinstones yang menggambarkan kehidupan di kota Bedrock pada zaman batu, maka ada sebuah tempat di Iran yang mirip sekali dengan gambaran yang ada di film tersebut. Tempat itu bernama Kandovan. Percaya atau tidak, di zaman modern ini masih ada desa batu. Kondovan adalah sebuah desa wisata di Provinsi Azarbaijan Timur, Iran seluruhnya terbentuk dari batu. Mirip dengan Bedrock, seluruh rumah di desa itu terbuat dari batu.


Berdasarkan situs Odditycentral, Kandovan merupakan desa yang populer dengan rumah-rumah batunya. Awalnya lokasi ini bukanlah sebuah desa,melainkan kumpulan dari batu-batu vulkanik. Namun para penduduk yang melarikan diri dari Mongolia menjadikan batu-batu ini menjadi tempat persembunyian. Para pelarian Mongol itu menggali batu-batu di lokasi ini hingga mereka bisa menempati. Namun karena alasan tertentu mereka memodifikasi batu-batu ini menjadi tempat tinggal permanen.


Desa unik ini menjadi andalan Iran untuk menarik kedatangan wisatawan. Saat berkunjung didesa ini pelancong akan melihat kota Bedrock dalam bentuk nyata. Pemerintah Iran juga membuat hotel dari batu untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Nama hotel itu adalah The Laleh Kandovan International Rocky Hotel, dimana para wisatawan bisa merasakan hidup ala Flinstones. Hotel bintang lima ini terletak di jantung desa Kandovan.

Selain terkenal sebagai desa batu, Kandovan juga tersohor sebagai pemilik mata air dengan kandungan mineral terbaik yang berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal. Anda ingin merasakan kehidupan ala Flinstones? Silahkan datang ke desa Kandovan. (dari berbagai sumber)

1 komentar: