Selasa, 26 Januari 2016

Gereja Borgund Stave, gereja kayu di Norwegia

Norwegia terkenal dengan lansekap antartika yang menjadi satu-satunya tempat di Eropa utara dengan era gereja-gereja abad pertengahan yang masih memakai bahan dasar kayu. Negara ini memiliki 28 gereja yang memiliki daya tarik masing-masing.
Di antara sekian banyak gereja-gereja, terdapat gereja unik yang terbuat ari kayu yang terletak di Laerdal, Sogn og Fjordane County, Norwegia. Gereja ini terkenal dengan konstruksi tanpa paku yang bisa saling menyatu. Sehingga gereja ini tampak seperti kapal Viking yang terbalik. 


Nama gereja itu adalah gereja Borgund Stave. Gereja ini merupakan contih menakjubkan dari bangunan dengan pendekatan arsitektur yang menggunakan stave (papan kayu yang diletakkan vertikal sebagai pondasi). Bagian interior gereja ini sangat sederhana. Sisi menarik Burgond terletak pada eksteriornya.  Gereja ini dibangun pada tahun 1180 Masehi dan didedikasikan untuk Rasul Andrew.


Anda akan terpesona melihat arsitekturnya yang rumit dengan detail yang unik. Dinding fitur prasasti rahasia dan detail ukiran salib dan simbol-simbol keagamaan lainnya. Dari luar gereja anda akan dapat melihat kepala naga bertengger di atas gereja. Dikelilingi pemandangan yang indah, menjadikan gereja ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung kesini. (dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. Gereja kayu berusia ratusan tahun dan masih utuh berdiri, sangat menakjubkan

    BalasHapus