Minggu, 24 Januari 2016

Plaza Mayor

Plaza Mayor merupakan alun-alun berbentukpersegi panjang yangterletak di pusat kota Madrid, Spanyol. Alun-alun ini merupakan salah satu alun-alun paling terkenal di Spanyol dan sangat populer dikalangan wisatawan asing dan lokal. Letaknya hanya beberapa blok dari Puerta del sol. 


Rata-rata bangunan di Plaza Mayor memiliki arsitektur serupa dan terdiri dari 4 tingkat. Lantai pertama ditempati oleh cafe dan pertokoan, sedangkan 3 tingkat sisanya merupakan bangunan tempat tinggal, apartemen dan hotel. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk sekedar berkumpul maupun menikmati kopi di Cafe. Meskipun restoran dan cafe disana mematok harga yang cukup mahal tetapi Plaza Mayor tetap tempat mengasyikkan untuk bersantai menikmati hidangan tapas dan wine sambil melihat lalu lalang. 


Sejak pertama kali dibangun tempat ini menjadi pusat beragam acara. Acara-acara yang pernah terselenggara disini diantaranya upacara penobatan raja bullfights, hingga pelaksanaan eksekusi warga yang melanggar hukum. Disini juga di gelar berbagai event seperti Christmas Market dan juga perayaan San Idiro Festival juga digelar disini. Plaza Mayor juga sering menjadi starting point dan tempat berkumpul wisatawan sebelum menjelajah kota Madrid.

Pada abad pertengahan plaza ini adalah sebuah pasar tradisional yang kemudian dirubah menjadi alun-alun berbentuk kotak atas perintah Raja Phillip III. Dalamcatatan sejarah, Plaza Mayor mengalami tiga kali kebakaran yang ,menghancurkan seluruh bangunan yang mengitarinya, Tetapi setiap kali terbakar tempat itu terus direkonstruksi.


Di tengah lapangan pedestrian seluas 1000 meter itu berdiri patung Raja Phillip III menunggangi kuda. Patung tersebut di pindahkan dari Casa de Campo pada tahun 1848. Bangunan paling meninjol di Plaza Mayor adalah Casa de la Panaderia. Gedung empat lantai tersebut sudah ada disana bahkan sebelum Plaza Mayor berubah menjadi alun-alun. Lukisan didinding gedung dan dua menaranya yang simetris adalah pemandangan indah si alun-alun Plaza Mayor. 

Untuk mencapai Plaza Mayor dapat menggunakan subway line 2 menuju Stasiun Sol. Anda bisa menginap di TRYP Menfis Hotel, VP Jardin de Recoletod atau Hotel Barajas Plaza. Destinasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Casa de la Panaderia, El Rastro dan jangan lupa untuk mencicipi roti isi cumi disana. (dari berbagai sumber)

1 komentar: