Minggu, 17 Januari 2016

Tuscany, pesona Italy kaya tradisi

Toskana (bahasa Italia: Toscana) adalah sebuah daerah di Italia tengah yang berbatasan dengan Latium di selatan, Umbria di timur, Emilia-Romagna dan Linguria di utara, dan Laut Tirenia di barat. Ibukotanya berada di Firenze. Selain itu, Tuscany adalah tempat kelahiran budaya Renaissance yang dikenal mewariskan beberapa peninggalan berharga seperti bangunan-bangunan dengan arsitektur menakjubkan dan karya seni bermutu tinggi seperti gereja, jalan, puri, istana dan museum yang menawarkan seni arsitektur yang megah. Belum lagi galeri seni yang menyimpan karya-karya maestro dunia. 


Toskana atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Tuscany, merupakan daerah yang dianggap memiliki pemandangan tercantik di Italia. Daerah ini merupakan tujuan wisata populer. Bahkan sering dijadikan lokasi film. Misalnya saja, Life is Beautiful, Under the Tuscan Sun, Gladiator, dan Hannibal. Keindahan pedesaan dan kondisi alam yang masih alami meliputi perbukitan, pegunungan, sungai dan hutan yang dipenuhi pohon cypress adalah alasan mengapa tempat ini sering dijadikan lokasi pembuatan film. Beberapa desa yang memiliki pemandangan menakjubkan adalan Siena, Monteriggioni, Valdorcia dan Chianti.

Tempat wisata di Tuscany meliputi kota-kota bersejarah, seni makanan dan anggur yang lezat dan nikmat, kota bukit abad pertengahan, pantai dan pedesaan yang indah. Tuscany memiliki pantai dan pulau yang berpemandangan indah terutama Tuscany bagian selatan. Beberapa pantai yang layak dikunjungi antara lain Taman Nasional Uccelina, Albarese, Talamone, Monte Argentario, Laguna di Orbetello, dan Castiglion della Pescaia. Pulau-pulaunya menawarkan keindahan tropis yang unik. Beberapa pulau yang memiliki pemandangan indah adalah Pulau Elba, Giglio dan Pianosa.



Di tempat ini juga menawarkan Agriturismo. Apakah itu? Agriturismo adalah pariwisata yang memadukan pertanian (agrikultur) dan wisata (turisme). Agriturismo menawarkan konsep berlibur di saerah pertanian. Menginap dirumah pertanian, memakan hidangan yang dibuat dari bahan makanan segar hasil kebun sendiri, dan melakukan berbagai aktivitas khas pedesaan. Tujuan Agriturismo yang paling populer adalah perkebunan anggur. Disini wisatawan bisa mencoba menanam dan memanen anggur. Biasanya wisatawan juga berkesempatan untuk mencicipi minuman anggur merah dan anggur putih. Biasanya pencicipan minuman ini ditawarkan setiap seminggu sekali. Salah satu merk anggur yang terkenal adalah Chianti.


Salah satu hal yang paling menarik di Tuscany adalah festivalnya. Setiap bulan Tuscany mengadakan festival yang berbeda-beda. Yang paling meriah antara lain La Festa dell'Epifania di Befana, Festa del Barbarossa di San Quirico d'Orcia, atau Carnevale di Viareggio. Setahun sekali setiap kota mengadakan festival yang diwarnai parade meriah untuk memperingati santo pelindung kota masing-masing.

Tuscany merupakan salah satu pusat kebudayaan tertua didunia yang menyimpan banyak bangunan bersejarah yang berharga. Anda bisa menelusuri jejak maestro kesenian tingkat dunia dan tokoh sejarah lainnya seperti Galileo Galilei, Leonardo da Vinci, Botticelli, dan Dante Alighieri. Atau anda bisa mengunjungi desa yang masih mengusung budaya abad pertengahan seperti San Gimignano, Pienza dan Volterra.

Makanan Italia terkenal lezat. Anda sendiri mungkin penggemar Pizza dan pasta Italia. Namun jika anda berkunjung ke Tuscany anda bisa mencoba kelezatan hidangan ala Tuscany yang cukup berbeda dengan makanan Italia yang terkenal di negara-negara lain. Makanan khas Tuscany dimasak secara sederhana menggunakan bahan-bahan segar dan terbaik dari hasil pertanian setempat antara lain Tartufi Toscani. Jamur truffle yang dipasaran dipatok dengan harga mahal ini tumbuh subur di hutan-hutan Tuscany. Anda juga bisa mencoba steak Florentine ataiu pici, sejenis hidangan ala Tuscany. Makanan penutup yang patut dicoba antara lain Ricciarelli (kukis almond dan madu ala Siena), Panforte (cake kacang), Tiramisu, dan keju Pecorino.

Tuscany adalah bagian dari pesona Italia dan merupakan tempat unik dimana anda dapat menemukan tradisi dan kebiasaan unik yang tidak kita temukan ditempat lain. (dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. Tuscany memang wow... Saya ingin berbagi artikel tentang Katedral di Florence di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/04/florence-di-piazza-del-duomo_11.html
    Lihatlah juga videonya di Youtube https://youtu.be/OVEs_zYK_FQ

    BalasHapus