Jumat, 29 Januari 2016

Meteora, komplek biara diatas menara batu

Meteora adalah nama objek wisata menara batu yang menjulang tinggi yang terletak di negara Yunani. Tempat ini sangat terkenal di Yunani karena disana terdapat komplek biara yang dibangun tepat diatas puncak bebatuan tersebut. Dalam bahasa Yunani Meteora memang berarti tergantung diudara. Bangunan-bangunan di Meteora adalah biara yang didirikan pada abad ke-14. Di tempat terpencil tersebut orang yang hidup membiara dapat berdoa dan bermeditasi dengan tenang. 
 
Pilar batu Meteora adalah tiang kapur yang terbentuk akibat gempa bumi puluhan juta tahun yang lalu. Angin dan air mengikis batu hingga menjadi bentuknya sekarang, seperti tiang raksasa yang tingginya 370 meter dari tanah datar. Ahli geologi percaya bahwa proses ini terjadi selama periode Paleogen.
Bangunan di Meteora sangat unik. Pembuatannya dilakukan dengan luar biasa. Tempatnya terpencil dan tinggi menjulang membuat susah membawa bangunan ke tempat ini. Bayangkan betapa susahnya untuk menuju tempat ini. Karena itu ada beberapa biara yang diukir langsung dari batu di Meteora. Bahan bangunannya tidak perlu dibawa dari bawah. Pembuatannya tentu saja tidak mudah dan perlu waktu yang lama. Para biarawan perlu waktu lama untuk menyelesaikannya.


Terdapat 24 perumahan biara dibangun diatasnya. Namun hanya 6 rumah yang masih aktif digunakan (lima laki-laki dan satu untuk perempuan) dengan masing-masing rumah diisi sebanyak 10 orang.  Pertapa pertama yang mendaki pilar-pilar ini adalah Varnavas, yang melakukannya pada suatu waktu antara tahun 950 dan 965 M, dan Andronikos dari Kreta pada tahun 1020. Para biarawan lain dari Bizantium menyusul, sehingga jumlah biara di batu-batu itu bertambah menjadi 33 orang. Pada abad ke-16 dan ke-17 , masyarakat biarawan ini mencapai masa kejayaannya, tetapi sejak daat itu keberadaan mereka terus menurun. 


Kota yang terdekat dari Meteora adalah Kalampaka. Kota ini terletak di bawah tiang batu Meteora. Keindahannya dapat dilihat dari puncak pilar batu meteora. Kota kecil ini sudah dilengkapi dengan tempat menginap dari toko-toko. Wisatawan yang ingin melihat keindahan meteora dapat menginap disini.

Karena letak Meteora yang ada di jantung kota Yunani, dekat dengan kota Kalampaka, maka untuk sampai Kalampaka jika ditempuh dari Athena, anda harus menggunakan bus, mobil atau kereta api. Jika anda membawa mobil pribadi itu merupakan cara terbaik untuk mencapai Kalampaka, sebab anda bisa menempuhnya dalam waktu 4 jam. Jika andamenggunakan kereta api cepat, jarak tempuhnya 5 jam. Sedangkan jika anda menggunakan bus, ada bus yang bisa membawa anda dari Athena ke Trikala, lalu disambung lagi dari Trikala ke Kalampaka. Bus ini bisa anda temukan di Terminal B jalan Liossion. Jarak tempuhnya adalah 7-8 jam. Karena keunikan dan kemegahannya maka tempat ini tercatat dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988. 


Satu hal yang perlu diingat, karena tempat ini merupakan komplek biara, maka ada peraturan yang harus anda patuhi jika anda berkunjung kesini. Anda dilarang mengenakan pakaian tanpa lengan serta tidak diperbolehkan memakai celana pendek. Masing-masing biara memiliki jadwal waktu buka yang berbeda-beda. Anda cukup membawa makanan dan minuman ringan saja, karena di tempat ini disediakan tempat untuk membeli makanan. Anda juga harus menyiapkan uang receh untuk biaya masuk ke biara. (dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. Sungguh menakjubkan mengetahui ada komplek biara di bukit batu

    BalasHapus