Kamis, 14 Januari 2016

Raja Ampat, objek wisata menarik di Papua

Bagi anda yang hobi menyelam dan berpetualang, tempat yang satu ini patut untuk anda coba. Tempat wisata bawah laut Raja Ampat di Papua menawarkan keindahan yang tak terlupakan bagi setiap orang yang datang berkunjung ke tempat ini. Raja Ampat atau "Empat Raja" adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau indah tersebut. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.


Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang kesini untuk menikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 hekrat tanah dan laut. Disinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota laut ini menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang biota laut paling beragam didunia.


Menurut The Nature Conservancy dan Conservation International ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini. Salah satu bentuk kepopuleran Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avent Premiere yang berjudul "Edis Paradise 3" dimana film itu menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat, yang mana wisata ini juga dijuluki sebagai kawasan Amazon Lautan Dunia. Julukan tersebut diberikan karena letak dari tempat wisata ini yang berada di pusat segitiga karang dunia. 

Wisata kepulauan Raja Ampat berada di kawasan teritorial Papua Barat yang merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610 pulau, akan tetapi hanya ada 35 pulau yang di huni penduduk. Daerah ini merupakan daerah kepulauan dengan sarana trasportasi satu-satunya adalah transportasi laut yang digunakan untuk menjangkau ibukota kabupatennya (Waisai) ataupun sebaliknya. Anda tertarik? Silahkan datang ke Raja Ampat!(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar