Sabtu, 30 Januari 2016

Pesona Taman Laut Bunaken

Bunaken di Sulawesi Utara adalah surga bawah laut di Indonesia. Snorkeling, diving, maupun freediving, traveler akan disuguhi warna-warni ekosistem laut yang sangat indah. Kepulauan Bunaken terdiri dari 5 pulau besar yakni Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Nain. Kelima pulau tersebut dikelilingi spot snorkeling dan diving yang keindahannya terkenal bahkan sampai manca negara.


Perairan Bunaken memiliki sekitar 58 genus dan subgenus karang keras yang telah diidentifikasi. Ditambah lagi ada lebih dari 2.000 jenis ikan, dengan ikan kupu-kupu saja mencapai 39 spesies. Bunaken juga merupakan salah satu habitat penyu terbanyak di Indonesia.


Traveler bisa menginap di pulau Bunaken atau pulau lainnya di kawasan ini. Namun jika tak mau repot, bisa menginap di Grand Luley Resort yang terletak di ujung kota Manado. Ini adalah resort dengan dive center terlengkap di Manado, letaknya pun paling dekat dengan Taman Nasional Bunaken.


Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam 25-50 meter. Anda juga akan disuguhi berbagai spesies ikan yang ada di Taman Laut Bunaken, antara lain koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolapsis bilineatus), goropa (Spilotocepsep hinephalus dan Hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira) dan banyak yang lain. Tidak hanya itu, disini juga ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian. (dari berbagai sumber)

1 komentar: