Kamis, 28 Januari 2016

Palmanova, kota unik berbentuk Bintang

Selain menara Pisa, Italia memiliki banyak pesona wisata lainnya. salah satu diantaranya adalah kota Palmanova, kota yang memiliki arsitektur unik dan desain yang menakjubkan berbentuk seperti bintang berujung sembilan yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata jika anda berkunjung ke Italia. Kota yang terletak di timur laut Italia dan berbatasan langsung dengan Slovenia ini dirancang oleh seorang arsitek Vincenzo Scamozzi pada tahun 1593. Dan pembuatannya memakan waktu yang sangat lama. Palmanova dibangun pada masa Kerajaan Venesia di abad ke-16 dengan tujuan mencegah serangan dari Turki dan Austria.


Menariknya kota ini didesain seperti bintang di tengah-tengah persawahan. Disetiap ujungnya dibangun benteng yang kokoh yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya. Namun, meski desainnya menawan tak ada satu orang pun yang mau tinggal dikota tersebut karena masa kelamnya yang sering dijadikan benteng peperangan. Akhirnya pemerintah Italia mengutus puluhan tahanan untuk tinggal disitu dan diberi beberapa properti rumah. Kini kota Palmanova telah dipadati penduduk yang kebanyakan bekerja sebagai petani ataupun pengrajin.


Ada tiga gerbang untuk masuk ke kota ini. Gerbang itu dilengkapi dengan tembok tebal dan menara penjagaan. Dahulu gerbang ini dilengkapi dengan pintu tebal yang susah ditembus. Orang hanya bisa masuk atau keluarkota hanya kalau ada yang membukakan pintunya. Kalau sekarang siapa saja boleh datang ke kota ini. 


Pusat kota Palmanova disebut Piazza Grande yang memiliki bentuk segi enam sempurna. Kota itu dipenuhi dengan berbagai bangunan katedral, museum dan benteng-benteng sejarah lainnya. Kota ini juga pernah dijadikan sebagai ikon nasional Italia pada tahun 1960 atas perannya menjaga negara saat perang dunia. (dari berbagai sumber)

1 komentar: