Sabtu, 09 Januari 2016

Keindahan kota putih Andalusia

Andalusia atau yang sering disebut Pueblo Blancos merupakan sebuah kawasan yang terletak di semenanjung Iberia bagian selatan. Diutara dibatasi oleh komunitas otonom Extremadura dan Castilla La Mancha; disebelah timur oleh komunitas otonom Murcia dan Laut Mediterania; disebelah barat oleh Portugal dan Samudera Atlantik; disebelah selatan oleh Laut Mediterania dan selat Gibraltar, dimana memisahkan Spanyol dengan Maroko. Juga diselatan berbatasan dengan Gibraltar, koloni Britania Raya disebelah selatan Spanyol (dekat Maroko) yang dahulu dikuasai oleh umat Muslim kuno atau disebut bangsa Moors. Bangsa ini datang dari Maroko san menginvasi daerah peninsula Iberia (bagian barat daya Eropa) yang pada akhirnya di sebut "Al-Andalus". Beberapa propinsi yang terkenal di Andalusia adalah Cordoba, Cadiz, Granada, Sevilla dan Malaga. Beberapa kota juga terkenal sebagai destinasi wisata yaitu Marbella (bagian dari Mallaga) dan juga Ronda.

Kota cantik ini menyajikan sebuah pemandangan yang nyaris sempurna. Bangunan bercat putih, atap ubin merah-coklat, jalan-jalan sempit dan jalan bebatuan diatas tebing dan ngarai dengan latar belakang perbukitan. Pengaruh arsitektur Islam menjadikan kawasan pemukiman ini menjadi sangat menarik. Labirin sempit, bangunan dengan dinding putih tinggi dengan kisi-kisi besi.

Warna putih dipilih bukan karena sifat antibakteri dari kapur alkali semata. Diktator Miguel Primo de Rivera pada 1920 yang menjalankan kohesi sosial menjadikan putih warna utama wilayah ini. Saat itu dia memberikan instruksi untuk menekan perbedaan dalam masyarakat dengan menghilangkan penyimpangan termasuk dalam hal cat bangunan. (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar