Senin, 18 Januari 2016

Gereja Hofskirkja, gereja beratapkan rumput di Eslandia

Gereja Hofskirkja adalah gereja yang beratapkan rumput terakhir yang dibangun dengan gaya arsitektur lama. Gereja ini dibangun tahun 1884 untuk menghormati santo Clement. Bangunan ini merupakan salah satu dari enam gereja di Eslandia yang masih berdiri dan dilestarikan sebagai monumen bersejarah.


Banyak desa di Eslandia dibangun dengan rumah beratap rumput, karena orang-orang disana ingin melindungi diri dan ternak dari iklim yang keras. Gereja Hofskirkja adalah salah satu bangunan yang terletak di Hof, Oraefi. Ini adalah sebuah desa kecil yang terletak di tenggara Eslandia, sekitar 30 km debelah timur Vatnajokull dan 20 km sebelah selatan Skaftafell National Park. 


Dinding gereja ini cukup tebal dan dirakit dari batu untuk memberikan stabilitas serta isolasi. Atapnya terbuat dari lempengan batu dan tertutup rumput. Gereja ini dibangun oleh seorang tukang kayu bernama Pall Pallson. Sementara itu, kunci dan engsel pintu gereja ini dibuat oleh Thorsteinn Gissurarson, yang merupakan seorang pandai besi terkenal dari Hof. Sekarang Gereja ini dikelola oleh Museum Nasional Eslandia, tetapi difungsikan juga sebagai geraja paroki. (dari berbagai sumber)

1 komentar: