Kamis, 21 Januari 2016

Grand Bazaar Istanbul

Berkunjung ke suatu tempat tanpa berbelanja oleh-oleh rasanya kurang lengkap. Apapun wujudnya oleh-oleh merupakan hal yang wajib dibeli untuk diberikan kepada keluarga atau teman ditanah air. Di Turki, ada sebuah tempat yang sangat terkenal dikalangan para traveler yang gemar berbelanja. Tempat itu bernama Grand Bazaar yang terletak di kota Istanbul. 

Jika anda berkesempatan berkunjung ke negara ini, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Grand Bazaar atau Kapali Carsi adalah salah satu pasar tertua didunia. Pasar ini dibangun pada tahun 1455 oleh Sultan Mehmed II tak lama setelah penaklukan Constantinopel. 


Pasar ini terletak di daerah Fatih dan mudah dijangkau menggunakan trem menuju ke Beyazit. Dari Bezayit bisa lanjut ke Aya Sofya dan lanjut berjalan kaki sekitar 15 menit. Pasar yang terdiri dari 61 gang ini mampu menampung sekitar 5000 toko dengan barang yang beragam. Pengunjung yang datang pun sangat banyak, mencapai 400.000 orang dari berbagai negara. Jika anda pandai menawar, anda akan mendapatkan harga yang miring. Penjual disini biasanya ramah dan tidak memaksa kita untuk membeli dagangannya. Tak heran jika kita berbelanja, mereka menawarkan segelas Cay (teh) untuk kita minum. Pasar ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, maka tak heran banyak terdapat money changer disini. 


Barang yang paling banyak diburu pembeli adalah perhiasan, keramik dengan lukisan tangan, karpet, rempah-rempah dan barang antik. Satu hal yang perlu diketahui, pengunjung dilarang merokok disini. Grand Bazaar telah menjadi pusat wisata belanja sejak tahun 1461. Perkembangan pasar itu sangat pesat dan diperbesar pada abad ke-16 dan pada tahun 1894 mengalami perbaikan besar-besaran pasca gempa.


Jika anda ingin berbelanja disini, waktu yang tepat adalah hari Senin-Sabtu pada pukul 09.00-19.00 waktu setempat. Karena pada hari Minggu pasar ini tutup. Apapun yang ada di Istanbul, tidak jauh dari seni, begitu juga dengan Grand Bazaar. Lihat saja langit-langitnya, dihiasi dengan relief, motif corak khas Turki yang didominasi warna kuning atau biru. Pasar ini juga dipengaruhi oleh struktur Zaman Byzantium
(dari berbagai sumber).

1 komentar: